Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Jadi Pembisnis Sukses Untuk Pemula

Hampir semua orang bermimpi jadi seorang pelaku bisnis besar dan sukses. Tetapi, cuma beberapa kecil yang betul-betul hidup jalani mimpi itu.

Langkah Jadi Pembisnis Sukses Untuk Pemula

 Langkah Jadi Pembisnis Sukses 

Argumennya simpel, meniti dan mengurus usaha sendiri tidak segampang yang dipikirkan. Kecuali harus mempunyai psikis sekeras baja, ada sesuatu hal penting yang lain harus disiapkan masak.

1. Optimis diri kamu

Mulai untuk lebih menguatkan hati saat sebelum memutus opsimu. Jika masih 1/2 hati saat mulai membuat usaha, Anda makin lebih gampang dijatuhkan oleh kondisi. Bukannya sukses, usaha yang Anda bangun malah stop di tengah jalan.

2. Siapkan mode usaha yang akan digerakkan

Bila hati telah oke, coba untuk mulai pikirkan mode usaha apa yang akan Anda lakukan kelak. Anda mulai bisa cari tahu info trend usaha yang lagi berkembang.

3. Memikir "Out of The Box"

Tidak ada pelaku bisnis yang sukses tanpa memikir inovatif. Usaha transportasi online misalkan, dia menyaksikan kesempatan bagaimana usaha ini nanti jadi jalan keluar warga urban. Nah, jadi lakukan untuk mempertajam kekuatan memikir jadi lebih inovatif ya.

4. Persiapkan "Misi dan Visi" yang pasti

Hal paling penting ketika mau mengawali usaha ialah membuat gagasan usaha yang mempunyai elastisitas dan pengembangan usaha didalamnya, janganlah lupa masukkan "Misi dan Visi" yang pasti usaha yang sedang Anda rintis.

5. Organisir diri

Mulai dengan melatih diri lebih terorganisir. Ini penting sebagai modal diri dalam mengendalikan usaha Anda. Simpelnya, bila Anda tidak dapat mengatur diri, bagaimana Anda akan mengatur semua komponen usaha Anda?

6. Rajin membuat catatan

Tulis semua poin utama yang Anda bisa. Dimulai dari saran seseorang, sampai tantangan-tantangan yang Anda menghadapi saat mengurus usaha Anda. Dengan keinginan, jika waktunya datang, Anda tidak cuman mewarisi sebuah perusahaan tetapi pengalaman Anda.

7. Konsentrasi pada satu usaha dahulu

Tidak boleh tergesa-gesa melipatgandakan keuntungan dengan mengawali usaha ke dua. Yakinkan usaha yang Anda urus sekarang ini telah betul-betul konstan, baik dari sisi modal, SDM, atau keperluan-kebutuhan yang lain.

8. Siap hadapi peluang terjelek

Nyali memang dibutuhkan untuk betul-betul terun jadi pelaku bisnis. Tetapi, hanya itu masih kurang, analisis dan persiapkan diri Anda pada peluang terjelek yang bisa terjadi.

9. Terbuka pada tiap penilaian

Salah satunya rahasia keberhasilan ialah "proses belajar". Jadilah orang yang selalu terbuka pada kritikan dan saran dari pihak lain. Coba untuk lakukan penilaian pada kekurangan diri di saat menjalankan bisnis.

10. Lagi belajar dan jangan buru-buru senang

Tiap perjalanan usaha tentu ada "naik dan turun". Saat usaha yang Anda urus sedang di atas angin, jangan buru-buru senang. Pakai momen ini untuk makin mengakselerasi usaha. Begitu juga di saat usaha Anda sedang lemas, jangan sampai patah semangat. Membuka hati dan tidak boleh malu untuk menanyakan ke pebisnis senior.

11. Lakukan usaha yang Anda gemari

Jalani suatu hal sesuai spirit akan membuat sesorang lebih santai, bahkan juga saat ditembus keadaan susah sekalinya. Ini berlaku dalam dunia usaha. Dengan demikian, Anda ditanggung tidak akan kesusahan dalam menjaga loyalitas.

12. Lakukan usaha yang Anda kuasai

Berbicara usaha pasti berbicara keuntungan. Ada saatnya hal yang Anda gemari kurang untung, bagusnya Anda kesampingkan dahulu hal yang Anda gemari dan konsentrasi ke yang Anda kuasai. Ketahui kekuatan Anda, lalu aplikasikan ke konsentrasi usaha Anda.

13. Persiapkan modal usaha

Saat ini kita ulas factor external dalam mengawali usaha. Pertama kali masalah modal. Yakinkan apa modal dalam usaha Anda berawal dari dana individu atau hasil dari patungan. Jika hasil dari patungan, yakinkan semua ditata dengan jelas, hitam di atas putih. Supaya tidak ada yang berasa dirugikan saat untuk hasil.

14. Saksikan kesempatan usaha

Sedikit bocoran, semenjak tahun-tahun ini ini, Pemerintahan Indonesia sedang menyimpan perhatian besar di bidang perdagangan digital. Nah ini ialah contoh kesempatan usaha yang bisa Anda gunakan. Anda mulai bisa berdagang secara online, atau bahkan juga membangun perusahaan startup berbasiskan digital.

15. Tetapkan sasaran pasar

Seorang calon pebisnis yang sukses sebaiknya pintar menganalisis sasaran pasar. Walau dia mempunyai produk dengan kualitas terhebat, tetapi, bila dia tidak mempunyai pasar yang pas, karena itu pemasaran produk yang dilaksanakan akan alami kesusahan.