Widget HTML Atas

Cara Berhenti Marah dan Pandai Mengendalikan Emosi

Tifaniadelia.comCara Berhenti Marah dan Pandai Mengendalikan Emosi. Marah adalah pemberontakan dalam hati seseorang yang tidak menerima suatu kondisi, cara perlakuan seseorang, atau apapun yang tidak sesuai dengan keinginan hatinya.

Orang yang marah akan melakukan sesuatu diluar kenormalan mereka karena sebagian besar fungsi otak dan hati sedang kacau dan tidak terkendali, maka dari itu sifat pemarah ini sangat merugikan untuk diri sendiri dan juga bisa berimbas pada orang lain.

Akibat Dari Sifat Pemarah

cara berhenti marah
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Banyak hal yang biasanya akan disesali orang yang habis marah-marah. Apalagi jika sudah sadar mereka melakukan sesuatu yang kurang pantas dengan orang lain yang dia sayang. Makanya tidak heran jika ada ungkapan :

 "maaf tadi aku lepas kontrol" 

"maaf gak sengaja beneran aku lagi emosi banget tadi soalnya"

Itu tuh tanda seseorang otak dan hatinya yang asli udah balik. Banyak dampak negatif dari marah-marah. Kerjaan berantakan, hubungan berantakan, muka berantakan dan kalau diterus2in hidupnya juga berantakan.

Selain itu dampak negatif yang lain kalau hobi marah bakal dijauhin sama orang-orang. Siapa yang mau dekat sama pemarah. Karena sangat tidak nyaman tentunya dekat dengan orang yang mudah marah

Cara Mengatasi Marah Yang Tiba-tiba Muncul

Ketika tersulut marah, usahakan untuk mengambil tindakan yang tepat agar kamu tidak rugi sendiri. Berikut adalah beberapa tindakan yang harus kamu ambil pada saat kamu tiba-tiba ingin marah :

  • Istighfar bagi yang muslim, karena istighfar bisa membantu menenangkan hati dan fikiran
  • Menepi dan mengambil waktu sendiri
  • Melipur dengan hal-hal lain yang bisa sejenak melupakan apa yang menyebabkan kamu marah
  • Berusaha tetap lapang dada dengan seseatu yang membuat kamu marah
  • Diam diri, jangan banyak bertindak karena cenderung tidak terkontrol
  • Tidur jika memungkinkan

Tips Pandai Mengendalikan Emosi 

cara mengendalikan emosi
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

1. Berpuasa

Buat kamu yang beragam Islam berpuasa adalah cara yang paling ampun untuk menahan hawa nafsu. Itu dengan catatn niat berpuasa beneran ya, jangan sampai udah puasa juga tapi masih marah-marah. Menjalankan ibadah puasa bisa menjauhkan kita dari berbagai macam hal yang didominasi oleh nafsu, bisa marah, bisa zina, dan perbuatan2 nafsu lainnya.

Mungkin buat anda yang akhir2 ini sering marah2 bisa dicoba buat puasa senin kamis atau puasa aja yang penting niatnya ibadah.

2. Meningkatkan Kesabaran & Lapang Dada

Orang marah adalah orang yang kurang sabar atau kurang nerima sama keadaan. Jadi untuk bisa meningkatkan kesabaran, kamu bisa mulai belajar untuk nerima apapun yang ada di dunia ini. Mau buruk mau baik cobalah kamu terima biar kamu lebih sabar.

Tidak semua yang kita inginkan dalam hidup ini bisa sesuai dengan keinginan kita, dan tidak semua yang datang pada kita sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jadi kalau kamu mau jadi orang yang penyabar adalah dengan belajar menerima segala sesuatu yang ada pada diri kita kemudian kita syukuri. Orang yang penyabar nantinya akan sangat pandai dalam mengontrol emosi mereka.

3. Sering Relaks & Meditasi

Yang selanjutnya adalah anda bisa sediakan waktu untuk relaks, bisa anda cari tempat yang tenang, duduk disitu dan coba lihat sekitar yang tenang tadi. Intinya yang bisa melawan marahmu adalah kedamaian hatimu, semakin kamu damai marahmu semakin reda dan hilang, semakin kamu gak damai kamu akan lebih mudah marah.

Selain kamu bisa mengambil waktu untuk mesitasi dan mentralkan dirimu. Orang yang rutin meditasi akan lebih tenang hati dan fikirannya sehingga mampu mengontrol emosi dengan baik.

4. Melatih Alam Bawah Sadar

Alam bawah sadar adalah kebiasaan yang sering kamu lakukan tanpa kamu sadari, misalkan sering mengedipkan mata, atau tiba-tiba tersenyum ketika merespon suatu kejadian yang menyenangkan.
Latihlah alam bawah sadarmu dengan sering tersenyum, jika kamu sudah terbiasa pasti akan lebih mudah dalam mengendalikan emosimu.

Melatih berakan bawah sadar ini banyak sekali untuk kehidupan yang kita jalani, karena jika terbiasa memberikan repon positif, kita akan banyak melakukan hal yang baik bahkan tanpa kita sadari

5. Menghindari Perdebatan

Alangkah lebih baik, jika kamu menghindari perdebatan-perdebatan untuk hal-hal yang kurang penting. Bertindak lebih dewasa dengan pura-pura mengalah akan lebih baik daripada mempertahankan ego untuk hal yang kurang penting. Jika sudah terbiasa kamu akan lebih pandai dalam mengendalikan emosimu.

6. Lakukan Refreshing

Usahakan untuk melakukan refresh dari aktifitas mu yang menjenuhkan, karena yang namanya jenuh akan memicu banyak perasaan tidak enak yang salah satunya adalah marah.

Refreshing gak harus liburan atau tamasya, namun kamu bisa meluangkan waktu spesial untuk makan kesukaanmu, waktu spesial untuk olahraga dan waktu spesial yang bisa membuatmu lebih fresh

7. Olahraga Teratur

Olahraga mampu mereleksi diri kita, baik dari otot maupun otak. Jadi orang yang rajin olahraha biasanya gak terlalu emosian. Dengan olahraga teratur selai  bisa menyehatkan badan kamu, juga bisa membuatmu lebih fokus dan lebih tenang. 

8. Jangan Nonton Film Yang Suka Bikin Kamu Jengkel

Banyak orang yang marah-marah baper karena sebuah film. Ini berlaku buat kamu yang emosian, usahakan untuk nonton film-film yang bisa bikin senang. Karena bisa mengurangi kebiasaan kesal kamu, dan menjadikanmu lebih rileks.

9. Hindari Menghayal Atau Berharap Berlebihan

Mempunyai khayalan dan harapan adalah hal yang sangat wajar. Tapi jangan berlebihan, karena disitu akan memunculkan kekecewaan dalam yang memicu kemarahan kamu. Jadi latihlah untuk lebih realistis sehingga kamu tidak mudah kecewa. Boleh mempunyai mimpi, tapi kalau mimpinya ketinggian sangat tidak baik buat hidup kamu.

Yang namanya marah memang sesuatu hal yang susah untuk dikendalikan. Namun jika kamu melatih emosi kamu untuk lebih terkontrol setiap harinya, mengendalikan marah akan menjadi lebih mudah.

Demikian apa yang pengen aku sharing pada kesempatan kali ini tentang bagaimana cara berhenti marah dan pandai mengontrol emosi, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk anda.


Baca Juga : Tips Dan Motivasi

No comments for " Cara Berhenti Marah dan Pandai Mengendalikan Emosi"